Sabtu, 17 November 2018
Home/ Berita/ UMY Dorong Mahasiswa Menjadi Investor Muda

UMY Dorong Mahasiswa Menjadi Investor Muda

MUHAMMADIYAH.ID, BANTUL -  Universitas Muhammadiyah Yogyakarta (UMY) kembali menciptakan Rekor di Museum Rekor Indonesia (MURI) untuk login Aplikasi Pasar Modal oleh Investor Terbanyak, dengan 3000 investor. Rekor ini menjadi kali ketiga yang didapatkan UMY dalam kategori yang berhubungan dengan pasar modal.

Penyerahan Sertifikat Rekor MURI oleh Ariyani Siregar, Manager MURI Cabang Semarang padaRabu(7/11)malamdi Spotorium UMY. Bersamaan dengan acara Youthvestday (Young Investor Day).

Rekor yang diciptakan merupakan hasil dari kerjasama anatara UMY, PT. Kustodian Sentral Efek Indonesia (KSEI), PT. Bursa Efek Indonesia (BEI), dan PT. First Asia Capital Sekuritas (FAC).

Gunawan Budiyanto, Rektor UMY menjelaskan, pencapaian ini merupakan upaya meningkatkan awareness  investor terkait pentingnya memantau portofolio investasi pasar modal sekaligus meninggkatkan jumlah investor.

“Melalui ini, merupakan langkah kongkrit yang melibatkan anak-anak muda atau mahasiswa dalam mengerakkan roda perekonomian bangsa,” katanya.

Sementara itu, Direktur KSEI, Syafruddin berharap kedepan semakin banyak pencapaian lain atas pemanfaatan fasiltias Acuan Kepemilikan Sekuritas (AKSes). Pihaknya menjelaskan, fasilitas AKSes merupakan sarana perlindungan investor yang disediakan oleh KSEI sejak tahun 2009.

“Sebagai satu-satunya lembaga penyimpanan dan penyelesaian di pasar modal Indonesia. Maka, data portofolio investor yang terkonsolidasi dan valid hanya tersedia di sistem KSEI,” terangnya.

Berdasarkan data KSEI, untuk Provinsi DIY jumlah investor di kalangan pelajardan mahasiswa mencapai 19,22%. Dimana saat ini jumlah investor secara nasional didominasi oleh usia 21-30 tahun sebanyak 34,13%.

Rekor ini menjadi kali ketiga yang didapatkan UMY dalam kategori yang berhubungan dengan pasar modal. Sebelumnya pada tahun 2013 UMY menciptakan rekor 1000 investor saham juga bekerjasama dengan FAC Sekuritas, dan tahun 2015 kembali mendapatkan rekor MURI dengan 4500 investor Reksadana Syariah bekerjasama dengan Manulife. (a'n)

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *