Kamis, 19 Juli 2018
Home/ Berita/ FKIP UAD Bangun Kepedulian Terhadap ABK

FKIP UAD Bangun Kepedulian Terhadap ABK

MUHAMMADIYAH,OR.ID, BANTUL – Fakultas Ilmu Keguruan dan Pendidikan (FKIP) Universitas Ahmad Dahlan (UAD)  menggelar Kuliah Pakar oleh Purboyo Solek dan Kristiantini Dewi di Ruang Auditorium Kampus 4 UAD, Senin (9/7).
 
Kegiatan yang bertemakan Pendekatan Diagnosis dan Tatalaksana Paripurna dari Anak Berkebutuhan Khusus, untuk Mendapatkan Generasi Masa Depan ini diikuti setidaknya 1300 Mahasiswa FKIP UAD. 
 
Iyan Sofyan, Ketua Panitia, menuturkan bahwa kegiatan ini termasuk dalam salah satu mata kuliah yang ada di FKIP yakni Perkembangan Peserta Didik. 
 
Iyan menjelaskan bahwa kegiatan ini wajib diikuti mahasiswa karena topik pembahasannya ada dalam salah satu mata kuliah semester II. 
 
“Karena banyakanya mahasiswa yang mengikuti kegiatan ini, maka kami membagi kepada empat sesi,” lanjutnya. 
 
Selain itu, kata Iyan, kegiatan ini juga merupakan tindak lanjut dari MOU FKIP UAD dengan Asosiasi Disleksia Indonesia (ADI) Pusat. 
 
“Kemudian tidak hanya sampai di sana, seperti yang disampaikan Rektor UAD sebelumnya, UAD memiliki Child Development Center (CDC) DIY  karena di Indonesia baru ada di Bandung, Jakarta, dan Surabaya,” jelasnya. 
 
Menurut Iyan, keuntungan memiliki CDC nanti  pemeriksaan anak-anak kebutuhan khusus ini dapat terintegrasi, sehingga treatment terkondisi dengan baik. 
 
“Karena itu gagasan didirikannya CDC diharapkan akademisi atau ali-ahli di UAD dapat disiplin menggagas CDC. Sehingga pelayanan anak berkebutuhan khusus menjadi terindikasi dan terselenggara dengan baik,” pungkasnya. (Syifa)

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *