Rabu, 26 September 2018
Home/ Berita/ TB HIV Care ‘Aisyiyah Jepara Minta Pemda Serius Tangani Permasalahan TB

TB HIV Care ‘Aisyiyah Jepara Minta Pemda Serius Tangani Permasalahan TB

MUHAMMADIYAH.OR.ID, JEPARA --Community TB HIV Care ‘Aisyiyah Jepara melakukan audiensi kepada Bupati Jepara pada Senin (8/1) di Kantor Bupati Jepara. Dalam acara tersebut hadir perwakilan Pimpinan Daerah ‘Aisyiyah (PDA) Jepara, Pimpinan Daerah Muhammadiyah (PDM) Jepara dan beberapa dinas terkait yaitu Dinas Kesehatan, DINSOSPERMASDES, dan DP3AP2KB

Disampaikan Muhammad Arief selaku Koordinator Program Community TB-HIV Care ‘Aisyiyah Jepara, bahwa Kader TB menjadi kunci dalam upaya penjaringan TB.

“Upaya penanggulangan TB tidak bisa ditangani oleh satu pihak saja. Namun, butuh keterlibatan lintas sektor baik dari unsur masyarakat maupun pemerintah untuk kebutuhan payung hukum,” ujarnya.

Hadir mewakili Dinas Kesehatan Kabupaten Jepara, M. Fakhrudin menyampaikan bahwa TB sangat mudah untuk menular dan butuh masa pengobatan yang lama dan mahal.

“Jumlah kasus TB di Jepara tahun 2017 terjadi kenaikan yang signifikan dibanding tahun 2016. Setelah dilakukan penjaringan TB, ditemukan terdapat 2292 kasus positif TB baru sepanjang tahun 2017,” terangnya.

Fakhrudin melanjutkan, butuh dukungan penganggaran yang berkelanjutan. Sejauh ini, ada dukungan dana dari donor Global Fund (GF) kepada ‘Aisyiyah Jepara pada tahun 2017. Sementara, untuk tahun 2018 banyak anggaran kegiatan yang dipangkas dan diharapkan dapat dilanjutkan oleh Pemda.

Kemudian, Bupati Jepara Ahmad Marzuqi menjelaskan bahwa pihaknya akan berusaha menerbitkan Perbup penanggulangan TB, dan akan dikonsultasikan dengan bagian hukum Pemda. (nisa)

Kontributor: Riza A. Novanto

 

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *